RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester : III/1
Pertemuan
:1-16
Alokasi
waktu
: 32 X 32 menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan operasi bilangan
sampai tiga angka
Kompetensi
Dasar : Menentukan letak bilangan
garis bilangan
indikator
:
Mengenal bilangan sampai 999
Garis bilangan
- Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
·
Menentukan
nilai bilangan
·
Menuliskan nilai
bilangan
II.
Materi pembelajaran
- Bilangan
III.
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV.
Langkah-langkah
kegiatan
A. Pertemuan ke 1-4
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
·
Meminta siswa
untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
·
Menyampaikan
kegunaan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang
berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian motivasi
Kegiatan inti
a) Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang bilangan
sampai 100
b) Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai
100 guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
c) Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup
a) Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
b) Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan ke 5-8
Pendahuluan
:
1. Apersepsi:
·
Membahas PR
yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·
Mengingat kembali
materi sebelumnya
2. Pemberian motivasi
Kegiatan
Inti:
a) Dengan tanya jawab guru menjelaskan bilangan sampai
ratusan ribu
b) Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai
ratusan ribu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
c) Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup
a) Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
b) Gruu memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan ke 9-12
Pendahuluan:
1. Apersepsi
·
Membahas PR
yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·
Mengingat kembali
materi sebelumnya
2. Pemberian motivasi
Kegiatan
Inti:
a) Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang membandingkan
bilangan
b) Secara berkelompok siswa membilang dan membandingkan
bilangan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
c) Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup
a) Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
b) Gruu memberikan tugas atau PR
D. Pertemuan ke 14-16
Pendahuluan:
1. Apersepsi
·
Membahas PR
yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·
Mengingat kembali
materi sebelumnya
2. Pemberian motivasi
Kegiatan
Inti:
a) Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang urutan
bilangan
b) Secara berkelompok siswa mengurutkan bilangan, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
c) Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup
a) Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
b) Gruu memberikan tugas atau PR
V.
Alat/
Bahan/ Sumber
- Terampil berhitung Matematika kelas 3 SD (hal 1-18)
VI.
Penilaian:
- Mengerjakan soal latihan halaman 18
Amuntai,.................2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
M. Rahmat Alfanie,
S.Pd.I Salamiah,
S.Pd
NIP. NIP.

Komentar
Posting Komentar